Senin, 17 September 2012

Apa itu PROSES BISNIS ?

             Proses bisnis merupakan suatu pekerjaan yang saling terkait untuk menyelesaikan masalah tertentu. Pekerjaan yang dimaksud dalam kasus ini adalah suatu tugas yang menghasilkan keuntungan, bisa berupa uang atau yang lainnya. Suatu proses bisnis dapat dipecah menjadi beberapa bagian proses dengan memiliki ciri tersendiri, tapi pada dasarnya setiap bagian harus memiliki peran untuk mencapai tujuan utama dari proses itu sendiri.
Proses bisnis terdiri atas serangkaian kegiatan, yang terlibat di dalam atau di luar sebuah organisasi, yang bekerja sama untuk menghasilkan hasil bisnis bagi pelanggan atau untuk sebuah organisasi.
Manajemen proses bisnis adalah sebuah abstraksi yang menggambarkan cara orang-orang atau pihak-pihak saling berinteraksi di dalam sistem, untuk menangani permintaan bisnis yang dijelaskan dalam cara tertentu, misalnya Activity diagram UML.
Ciri khas yang harus dimiliki oleh proses bisnis adalah :
1.      Definitif : Suatu proses bisnis harus memiliki batasan, masukan serta keluaran        yang jelas.
2.      Urutan : Suatu proses bisnis harus memiliki aktivitas yang terurut sesuai dengan waktu dan ruang.
3.      Konsumen : Suatu proses bisnis harus memiliki penerima hasil proses.
4.      Nilai tambah : Perubahan yang terjadi pada hasil proses harus memberikan nilai tambah pada penerima.
5.      Keterkaitan : Suatu proses tidak dapat berdiri sendiri, melainkan harus terkait pada struktur organisasi.
6.       Fungsi silang : suatu proses umumnya mencakup beberapa fungsi. 

 3 Dasar Proses Bisnis Dalam Organisasi
1.        Proses Memperoleh (Acquisition/payment Business Process), menjaga dan membayar sumberdaya yang digunakan. Misal : human skill, financing, materials and suppliers.
2.        Proses Mengkonversikan (Conversion Process) sumber  untuk mendapatkan / t      ransformasi produk untuk mendapatkan bisnis dan layanan pada customer atau user.
3.       BusinessProses Menyerahkan ( Sales/Collection Business  Process) mengantar produk bisnis kepada customer atas produk serta meminta pembayaran atas produk tersebut.

 Klasifikasi Proses Bisnis
American Productivity and Quality Center (APQC) membuat pengkl asifikasian proses bisnismenjadi:
1.     Kategori, merupakan tingkat tertinggi dalam klasifikasi proses bisnis, diberikan nomor item, seperti : 1.0 dan 3.0.
2.     Kelompok Proses, merupakan item dalam klasifikasi proses yang dipertimbangkan dalam satu daerah proses, diberikan nomor item dengan satu desimal, seperti : 8.1 dan 9.1
3.     Proses, merupakan item dalam klasifikasi proses yang dipertimbangkan sebagai suatu proses, diberikan nomor item dengan dua desimal, seperti : 8.11 dan 9.12
4.     Aktivitas, merupakan semua item yang dipertimbangkan sebagai aktivitas-aktivitas di dalam suatu proses, diberikan nomor item dengan tiga decimal atau lebih, seperti : 8.3.1.1 dan 9.1.1.1
Sumber :

1 komentar:

  1. judul dan abstrak buat dlm bhs inggris. tambahkan referensi dan buat kajian dari jurnal penelitian terkini.

    BalasHapus